Senin, 23 Februari 2009

The Analytical Process of Policy and Planning - Indah Dwi Kartika 15406012

1. Evaluasi Kinerja Pelayanan Angkutan Kota Denpasar Ditinjau dari Pihak Operator
Oleh: Ni Nyoman Murniasih (15400039)
Tahun: 2005

Tujuan Studi:
Mengevaluasi kinerja pelayanan angkutan kota berdasarkan persepsi operator
melalui indikator efektivitas dan efisiensi.

Metode analisis yang digunakan adalah:
- Analisis statistik deskriptif, dengan tahapan analisis sbb:
1. Melakukan kajian terhadap kebijakan transportasi yang terkait dengan angkutan
umum
2. Menemukenali sistem operasi angkutan kota dengan melihat beberapa indikator
yaitu: jumlah trayek angkutan aktif, jumlah armada aktif beroperasi, lama
beroperasi angkutan, jumlah setoran dll.
3. Melakukan analisis terhadap efisiensi angkutan kota
4. Melakukan analisis terhadap efektifitas angkutan kota
5. Melakukan analisis terhadap kinerja pelayanan angkutan kota melalui indikator
efektifitas dan efisiensi pelayanan angkutan
6. Merumuskan hasil studi mengenai kinerja pelayanan angkutan kota di Kota
Denpasar berdasarkan dua pihak yaitu operator dan pengguna
7. Merumuskan rekomendasi terhadap peningkatan kinerja pelayanan angkutan Kota di
Kota Denpasar.

Tahap no 2 dalam TA (penjelasan diatas) ini, saya simpulkan masuk ke dalam tahap
1 yaitu System Examination and Problem Formulation.





2. Evaluasi Kinerja Penyedia Pelayanan Air Bersih Sistem Perpipaan di Kota Kecil
(Studi Kasus: Kota Soreang dan Banjaran)
Oleh: Dyah Nastiti Proborini
Tahun : 2007

Tujuan Studi:
Mengevaluasi kinerja pihak penyedia air bersih di kota kecil

Metode analisis yang digunakan adalah:

- Analisis kualitatif deskriptif, dalam analisis ini sajian data mengacu pada
indikator kinerja yang telah dirumuskan sebagai alat analisis, sehingga narasi
yang tersaji merupakan deskripsi mengenai kondisi yang rinci dan mendalam untuk
menceritakan dan menjawab kinerja dari setiap kriteria dalam pelayanan
penyediaan air bersih.

Dari penjelasan diatas, dapat disimpulkan TA diatas memiliki salah satu tahapan
pada planning process yaitu pada tahap 4, system representation karena pada TA
tersebut dijelaskan secara rinci bagaimana kinerja tiap-tiap penyedia air bersih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar